MENGENAL PENGERTIAN SABLON




Sablon adalah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, kaos, plastik, kertas, kaca, kayu dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon (atau sering juga disebut film sablon). Kegiatan menyablon sekilas tampak mudah dan sederhana, pada prakteknya menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.
Keunggulan dari teknik sablon adalah :





1.      Bisa mencetak dengan jumlah yang banyak
2.      Hasil relatif stabil
3.      Menghasilkan beberapa efek menarik, mis : glitters, glow in the dark, timbul, mengkilap/metalik, dsb.
4.      Biaya cetak cukup terjangkau
5.      Fleksibel bisa di aneka jenis permukaan bahan.
Selain itu, banyak sekali yang berminat untuk mempelajari sablon karena teknik sablon ini mudah dipelajari dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya, bila dibandingkan dengan usaha percetakan lainnya.

Cara kerja teknik sablon
Secara sederhana, proses menyablon dapat di uraikan secara berikut :
1.      Membuat master cetak dengan menggunakan screen sablon yang kita miliki.
2.      Afdruk screen sablon
3.      Tuangkan tinta yang disesuaikan dengan bahan yang digunakan ( Contoh bahan kaos – kita sablon dengan tinta sablon kaos ) diatas screen
4.      Ratakan tinta di screen sablon menggunakan rakel sablon agar dapat tersalurkan melalui lubang screen yang tidak terafdruk sehingga mencetak gambar yang kita inginkan
5.      Setelah tercetak sempurna, keringkan tinta tersebut.

Proses yang diterangkan diatas hanya ilustrasi sederhana, namun dalam proses sablon sebenarnya, ada begitu banyak hal dan peralatan yang kita perlukan agar memperoleh hasil sablon yang baik.
Share on Google Plus

About hijab holic

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar